twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Jumat, 04 Maret 2011

cara promosi efektif

Cara promosi Efektif

sekarang kita bahas bisnis offline dulu ya friend..
Dalam dunia bisnis, penjualan adalah sebuah nyawa. Bagaimana tidak, apabila tidak ada penjualan yang terjadi dalam bisnis, percuma saja kita berbisnis. Jangan berbisnis jika tidak ada hasil. Saya melihat suatu fenomena unik didalam dunia bisnis. kok bisa ya usaha-usaha kecil tumbuh menjadi besar dan lama-lama semakin besar. Apa kuncinya?.

Banyak orang mengira bahwa sebelum memulai bisnis itu perlu dipersiapkan segala sesuatunya. Padahal tidak seperti itu. Berbisnis itu seperti permainan. Dimana kita ingin bermain, ya main saja. Tapi yang harus jadi catatan, ya jangan sampai terlalu polos. Maksud saya, sebelum memulai bisnis paling tidak kita harus mengerti dan paham dulu tentang bisnis yang mau kita lakoni. Jangan sampai setelah kita membuka bisnis atau usaha, kita menjadi tidak mood untuk meneruskanya. Itulah kesalahanya, jangan sampai salah memilih bisnis.pada waktu ingin memulai.

Okelah, sekarang katakan anda sudah membuka sebuah bisnis anda. entah itu kecil seperti jualan pulsa atau mungkin berskala besar. Lalu langkah apa selanjutnya. Untuk membesarkan bisnis anda.. nah, sudah saya katakana di awal tadi, nyawa dari sebuah bisnis adalah penjualan. Selanjutnya terserah anda, bagaimana caranya untuk meningkatkan penjualan.

Tentunya jika sebuah produk sudah terkenal meluas dan namanya semakin besar pasti disitu ada sekelompok orang yang sukses memasarkan produknya. Artinya, kunci sukses dari sebuah bisnis adalah promosi. Semakin giat promosi, semakin ada kemungkinan bahwa nama bisnis anda menjadi besar.

Promosi yang menggunakan etika adalah promosi yang paling banyak menghasilkan penjualan.. jangan berpromosi ditempat-tempat yang orang lain tidak mengharapkan keberadaan anda. yang ini saya yakin anda sudah tau dan mengerti, misalnya jika anda berjualan/ mempunyai usaha service computer maka itu tak akan mungkin jika anda mendirikan usaha anda diperkumpulan toko busana..

Jangan sampai salah tempat dalam berpromosi. Carilah orang-orang yang sedang lapar. Cari orang-orang yang membutuhkan produk anda. pertama kali anda mesti lihat bagaimana posisi pasarnya. Cari pasarnya dulu baru kita bisa produksi secara besar-besaran.

Inilah sekiranya pertanyaan-pertanyaan yang harus anda jawab jika anda ingin berjalan terus dan eksis dalam bisnis anda.

1. apa produk anda?
2. apakah pasar membutuhkanya?
3. seberapa besar produk anda bermanfaat bagi orang lain?
4. adakah nilai tambahnya?
5. bisakah anda menentukan harga ?

Saya kira sedikitnya itu saja intinya. Penuhi ramuan 4P. product, price, place dan yang terakhir promotion.
Apakah proses promosi itu sulit?. Saya kira tidak sulit. Banyak membangun relasi. Itu akan semakin mempermudah anda untuk membesarkan nama bisnis anda.

Oh iya, satu lagi… jangan lupakan internet. Internet merupakan sebuah media yang tepat bagi kita untuk bepromosi dan membesarkan nama bisnis. Karena promosi bisa dilakukan sesuai kata kunci yang kita inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar