Ibnu Kurniawan
Sistem Informasi - Universitas Gunadarma - 13110361
=============================================
pada posting kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang OPENGL, karena berhubungan dengan tugas mata kuliah yaitu Grafik komputer & pengolahan Citra.
Adalah Membuat Garis Horizontal, Vertikal, dan Diagonal. disini kita akan memperjelas penjelasan dengan gambar beserta code codenya.
sebelumnya saya akan jelaskan dulu apa itu open GL, dikutip dari Wikipedia :
OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platform API untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun3D. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitif sederhana. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 [2] dan secara luas digunakan dalam CAD, realitas maya, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi konsorsium nirlaba yaitu Khronos Group.
Kita langsung saja .. mari kita mulai ..
MEMBUAT GARIS VERTIKAL
penulisan kode dilakukan dibawah komentar OpenGL anmation code goes here. hingga sleep(1): lihat gambar dibawah
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
-> memilih warna yang digunakan untuk membersihkan (menghapus) layar latar belakang.
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
-> Kegunaan perintah ini meyakinkan untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.
glPushMatrix ();
-> Dengan perintah ini membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
-> Warna garis dan titik ditentukan dari glClearColor(1,1,1,0); dan perintah glColor3(1,1,1);// yang mana kedua perintah ini saling berkesinambungan.
-> Penyetingan dan penghapusan layar sudah dilakukan maka sekaran menggambar garisnya.
penggambaran garis diawali dengan perintah glBegin(GL_LINES).
Titik awal dan titik akhir yang digunakan dinyatakan dalam perintah glVertex3f (nilai /poin titik).
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); adalah perintah penentuan titik awal, dan glVertex3f(0,0,0.0) adalah perintah penentuan titik akhir.
glEnd(); berguna untuk mengakhir penggambaran garis di titik akhir.
glPopMatrix(); untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
sebelum muncul output kita akan mengkompilasi terlebih dahulu yaitu dengan cara menekan tombol CTRL+ F9
untuk melihat output tekan F9
MEMBUAT GARIS HORIZONTAL
untuk penulisan coding untuk membuat garis horizontal, masukan coding seperti gambar dibawah ini ;
oke, anda bisa melihat penulisan kode seperti diatas... lihat lagi penjelasan dibawah ;
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
-> memilih warna yang digunakan untuk membersihkan (menghapus) layar latar belakang.
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
-> Kegunaan perintah ini meyakinkan untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.
glPushMatrix ();
-> Dengan perintah ini membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
-> Warna garis dan titik ditentukan dari glClearColor(1,1,1,0); dan perintah glColor3(1,1,1);// yang mana kedua perintah ini saling berkesinambungan.
-> Penyetingan dan penghapusan layar sudah dilakukan maka sekaran menggambar garisnya.
penggambaran garis diawali dengan perintah glBegin(GL_LINES).
Titik awal dan titik akhir yang digunakan dinyatakan dalam perintah glVertex3f (nilai /poin titik).
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); adalah perintah penentuan titik awal, dan glVertex3f(0,0,0.0) adalah perintah penentuan titik akhir.
glEnd(); berguna untuk mengakhir penggambaran garis di titik akhir.
glPopMatrix(); untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
-> memilih warna yang digunakan untuk membersihkan (menghapus) layar latar belakang.
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
-> Kegunaan perintah ini meyakinkan untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.
glPushMatrix ();
-> Dengan perintah ini membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
-> Warna garis dan titik ditentukan dari glClearColor(1,1,1,0); dan perintah glColor3(1,1,1);// yang mana kedua perintah ini saling berkesinambungan.
-> Penyetingan dan penghapusan layar sudah dilakukan maka sekaran menggambar garisnya.
penggambaran garis diawali dengan perintah glBegin(GL_LINES).
Titik awal dan titik akhir yang digunakan dinyatakan dalam perintah glVertex3f (nilai /poin titik).
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); adalah perintah penentuan titik awal, dan glVertex3f(0,0,0.0) adalah perintah penentuan titik akhir.
glEnd(); berguna untuk mengakhir penggambaran garis di titik akhir.
glPopMatrix(); untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
sebelum muncul output kita akan mengkompilasi terlebih dahulu yaitu dengan cara menekan tombol CTRL+ F9
untuk melihat output tekan F9
MEMBUAT GARIS DIAGONAL
lihat dulu, untuk pembuatan output dengan hasil akhir garis diagonal, anda harus menuliskan kode seperti dibawah ini, lihat ya ;
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
-> memilih warna yang digunakan untuk membersihkan (menghapus) layar latar belakang.
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
-> Kegunaan perintah ini meyakinkan untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.
glPushMatrix ();
-> Dengan perintah ini membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
-> Warna garis dan titik ditentukan dari glClearColor(1,1,1,0); dan perintah glColor3(1,1,1);// yang mana kedua perintah ini saling berkesinambungan.
-> Penyetingan dan penghapusan layar sudah dilakukan maka sekaran menggambar garisnya.
penggambaran garis diawali dengan perintah glBegin(GL_LINES).
Titik awal dan titik akhir yang digunakan dinyatakan dalam perintah glVertex3f (nilai /poin titik).
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); adalah perintah penentuan titik awal, dan glVertex3f(0,0,0.0) adalah perintah penentuan titik akhir.
glEnd(); berguna untuk mengakhir penggambaran garis di titik akhir.
glPopMatrix(); untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
-> memilih warna yang digunakan untuk membersihkan (menghapus) layar latar belakang.
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
-> Kegunaan perintah ini meyakinkan untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.
glPushMatrix ();
-> Dengan perintah ini membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
-> Warna garis dan titik ditentukan dari glClearColor(1,1,1,0); dan perintah glColor3(1,1,1);// yang mana kedua perintah ini saling berkesinambungan.
-> Penyetingan dan penghapusan layar sudah dilakukan maka sekaran menggambar garisnya.
penggambaran garis diawali dengan perintah glBegin(GL_LINES).
Titik awal dan titik akhir yang digunakan dinyatakan dalam perintah glVertex3f (nilai /poin titik).
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); adalah perintah penentuan titik awal, dan glVertex3f(0,0,0.0) adalah perintah penentuan titik akhir.
glEnd(); berguna untuk mengakhir penggambaran garis di titik akhir.
glPopMatrix(); untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
sebelum muncul output kita akan mengkompilasi terlebih dahulu yaitu dengan cara menekan tombol CTRL+ F9
untuk melihat output tekan F9
untuk hasil akhirnya adalah seperti dibawah ini ;
oke, tampilanya adalah seperti diatas... anda bisa lihat. sebetulnya anda harus tau kunci awalnya dahulu jika ingin membuat program seperti OPENGL, sama halnya dengan membuat program program lainya, anda hanya butuh tau dasarnya dan logikanya, maka output yang anda harapkan akan dengan mudah anda buat.
Oke... salam...
kita juga punya nih jurnal Grafik komputer, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3166/1/IMG_0006.pdf
BalasHapussemoga bermanfaat yaa :)